Senin, 28 November 2016

sifat sifat yang harus dimiliki wanita sholeha

utuk wanita menjadi sholeha itu sebuah pilihan dengan perjuangan dan keteguhan hati yang kuat agar tidak kembali berpaling dalam ketaatan jalannya (istiqomah). dengan doa yang harus dilakukan dengan usaha dan ikhtiar yang sungguh sungguh untuk mengharapkan didunia maupun di akhirat nanti.
ciri-ciri wanita sholeha sebenarnya sudah tertuang dalam al-quran dengan dijelasakan para ulama yang terperaya, diantara sifat wanita sholeha adalah seperti di bawah ini :

1. menjaga pandangan/menundukan kepala saat bertemu lelaki yang bukan muhrim, dalam surat al-nur ayat 30 disebutkan bahwa:
'katakan lah kepada orang laki-laki yang berimana : hendaklah mereka menjaga pandangan nya, dan memelihara kemaluan nya yang demikian itu lebih suci bagi mereka sesungguhnya allah mengetahui apa yang meraka perbuat.

2. menjaga lisan/perkataan, mulut mu adalah harimau mu itulah pribahasa yang tepat untuk itu janganlah kalian berkata kasar atau yang dapat melukai/menyakiti hati seseorang. nabi shalllalluhi allaihi wassalam bersabda, "apabila anak cucu adam masuk waktu pagi hari, maka seluruh anggota badan tunduk kepada lisan, seraya berkata "bertaqwalah kepada allah dalam menjaga hak-hak kami,karena kami mengikuti mu, apabila kamu lurus maka kami pun lurus, dan apabila kamu bengkok kami pun akan  bengkok" (HR. at-tirmidzi dan ahmad, jagalah lisan kalian karena lisan akan membawa kebaikan juga akan membawa anda pada bahaya yang tidak bisa difikirkan.

3. berpakaian sesuai syar'i
wanita soleha akan merapikan dirinya dengan hijab yang menutupi dirinya,memakainya harus dengan senang hati dan penuh rasa syukur atas kehormatan yang diberikan allah dengan berhijab sesuai dengan ajaranya. allah berfirman: artinya "hai nabi, katakan lah kepada istri-istri muanak anak perempuan mu dan istri-istri orang mukmin 'hendaknya mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka' yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,karena itu mereka tidak diganggu dan allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang" (QS. al-ahzab:59). dengan berhijab maka dengan sendiri nya iner beuty kita akan terpancar dengan sendirinya , maka dari itu berhijrah memakai hijab lebih cepat lebih baik

4. menjaga sikap dan prilaku
penting sekali untuk seorang wanita sholeh menjaga sikap dan prilaku jika wanita yang benar benar soleha sikap dan perkataan nya pun akan secara otomatis menjadi sholeha, dan berbuat baik slah 1 cara menjaga sikap dan prilaku dengan baik tapi jangan ria jatuhnya :) "orang-orang yang bersungguh-sungguh dijalan kami maka akan kami mudahkan untuk nya jalan-jalan menuju keridhaan kami. dan sesungguh nya allah bersama orang orang yang berbuat baik" (AL-ANKABUT: 69).

demikian,semogga kami para wanita yang insha allah dalam proses sholeha bisa menjadi pribadi yang seperti itu,dambaan bagi semuah wanita muslim :) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentar yang membangun dan bermanfaat

Laman